RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran          : Bahasa dan Sastra Indonesia
Tema                          : BERBICARA
Kelas/Semester          : XII (Dua Belas)  / II (Dua
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit ( 1 Pertemuan )
I. Standar Kompetensi                          : 1.  Berpidato
II. Kompetensi Dasar                          : 1.1. Berpidato dngan lafal, intonasi,
nada, dan sikap yang tepat.                                        
III. Indikator                                        :
·         Lancar Membawakan Pidato dengan Lafal, Intonasi, Nada, dan Sikap yang Tepat
·         Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang dibacakan teman

IV. Uraian Materi                                 :
            Berpidato merupakan penyampaian dan penanaman pikiran, informasi, atau gagasan dari pembicara kepada orang banyak. Berpidato dianggap suatu hal yang sangat penting karena khalayak sasarannya adalah orang banyak, jika seseorang dapt berpidato dengan baik, ia akan mampu meyakinkan pendengarnyauntuk menerima dan mematuhi pikiran, informasi, atau gagasan atau pesan yang disampaikannya.
Untuk dapat berpidato dengan baik dan menarik, perlu dipahami terlebih dahulu metode-metode berpidato dalam pelaksanaan pidato ( sistematika berpidato dan cara-caramenarik perhatian pendengar.


Ada beberapa macam metode yang dapat digunakan dalam berpidato, yaitu
1.      Mtode impromptu
2.      Metode ekstemporan
3.      Metode naskah
4.      Metode hapalan
Beberapa langkah agar dapat berpidato dengan baik, yaitu
·         Melatih Suara
Suara adalah bagian terpenting dalam berpidato. Sebagai saran berlatih, lafalkan kata-kata berikut dengan benar! Dan lakukan berulang-ulang!
jumat               amboi              realistis            motivasi
sah                   rumbia             generasi           meteorologi
syah                 suasana            frasa                simposium
sarat                 akhlak              esensial            vegetrian
syarat               syair                 hakiki              yudisium


·         Melatih Tubuh
Seseorang yang berpidato akan terasa sangat kaku jika tidak disertai dengan gerakan tubuh. Sebaliknya, berpidato dengan terlalu banyak gerakan tubuh juga akan terasa janggal. Jika pidato dilakukan di atas podium/mimbar, gerakan tubuh harus disesuaikan dengan tempat yang disediakan.
·         Berlatih Menggunakan Peralatan Pidato
Menggunakan peralatan pidato, seperti mikrofon, biasanya tidak begitu diperhatikan oleh sebagian orang yang baru berlatih berpidato. Hal yang tampaknya sederhana ini sebenarnya tidak dapat dianggap remeh. Jika seseorang tidak pernah memegang mokrofon, ia tentu akan canggung. Apa yang akan dilakukan terhadap mikrifon itu? Dipegang, diletakan di depan mulut, ataukah dibiarkan terletak pada tiang penyangganya? Untuk itu, ssebelum berpidato sungguhan! Lakukanlah itu di depan cermin agar kamu mengetahui kekurangannya sehingga dapat segera memperbaikinya!

V. Media dan Sumber Pembelajaran :
a.       Media :  Media cetak buku teks.
b.      Sumber Pembelajaran :
Abdul Somat, Adi dkk. 2008. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
            Darmati Uti, dkk. 2010. Bahasa Indonesia. Klaten : PT Intan Pariwara.
            Mafrukhi, dkk. 2008. Kompeten Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
I. Metode Pembelajaran                       : Diskusi, Ceramah, dan Penugasan
VII. Strategi Pembelajaran                  :
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Guru dan Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
1. Absensi Kehadiran
2. Apersepsi
3. Pretes
10 menit
2. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan siswa menyimak.
2, Guru memberikan  umpan balik
    terhadap siswa.
3. Siswa di harapkan mampu
    mengapresiasi.
65 menit
3. Penutup
1. Postes
2. Penugasan

5menit

VIII.  Evaluasi/Penilaian
           a. Prosedur penilaian
    1. selama kegiatan belajar mengajar
        1.1. keaktifan siswa dalam         
                    1.2. sikap siswa dalam belajar    
                    1.3. pemahaman terhadap materi
               2. Tes Akhir ( postes )
                     a. Latihan
                     b. Penugasan
           b. Jenis dan Bentuk Tes
               1. Jenis Tes               : Tertulis / Lisan
               2. Bentuk Tes           :


1)      Buatlah teks pidato bertemakan pendidikan ?                                               
2)      Tuliskan bagian- bagian dari pidato ?                                                            
3)      Jelaskan hal-hal yang harus dilatih sebelum melaksanakan pidato ?              
4)      Lakukanlah analisis terhadap teks pidato temanmu ?                                    


Dosen Pengasuh


(Drs. Danto, M.Pd )


Palembang, 1April 2013
Mahasiswa


( Shandy Eka Saputra )
NIM : 312011032


0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SMA"