RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Tema : BERBICARA
Kelas/Semester : XII (Dua Belas) /
II (Dua
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi : 1. Berpidato
II.
Kompetensi Dasar : 1.1. Berpidato dngan lafal,
intonasi,
nada,
dan sikap yang tepat.
III.
Indikator :
·
Lancar
Membawakan Pidato dengan Lafal, Intonasi, Nada, dan Sikap yang Tepat
·
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang dibacakan teman
IV.
Uraian Materi :
Berpidato
merupakan penyampaian dan penanaman pikiran, informasi, atau gagasan dari
pembicara kepada orang banyak. Berpidato dianggap suatu hal yang sangat penting
karena khalayak sasarannya adalah orang banyak, jika seseorang dapt berpidato
dengan baik, ia akan mampu meyakinkan pendengarnyauntuk menerima dan mematuhi
pikiran, informasi, atau gagasan atau pesan yang disampaikannya.
Untuk dapat berpidato dengan
baik dan menarik, perlu dipahami terlebih dahulu metode-metode berpidato dalam
pelaksanaan pidato ( sistematika berpidato dan cara-caramenarik perhatian
pendengar.
Ada beberapa
macam metode yang dapat digunakan dalam berpidato, yaitu
1.
Mtode impromptu
2.
Metode ekstemporan
3.
Metode naskah
4.
Metode hapalan
Beberapa langkah agar dapat berpidato dengan baik, yaitu
·
Melatih
Suara
Suara adalah bagian terpenting
dalam berpidato. Sebagai saran berlatih, lafalkan kata-kata berikut dengan
benar! Dan lakukan berulang-ulang!
jumat amboi realistis motivasi
sah rumbia generasi meteorologi
syah suasana frasa simposium
sarat akhlak esensial vegetrian
syarat syair hakiki yudisium
·
Melatih
Tubuh
Seseorang yang berpidato akan terasa sangat kaku
jika tidak disertai dengan gerakan tubuh. Sebaliknya, berpidato dengan terlalu
banyak gerakan tubuh juga akan terasa janggal. Jika pidato dilakukan di atas
podium/mimbar, gerakan tubuh harus disesuaikan dengan tempat yang disediakan.
·
Berlatih
Menggunakan Peralatan
Pidato
Menggunakan peralatan pidato, seperti mikrofon,
biasanya tidak begitu diperhatikan oleh sebagian orang yang baru berlatih
berpidato. Hal yang tampaknya sederhana ini sebenarnya tidak dapat dianggap
remeh. Jika seseorang tidak pernah memegang mokrofon, ia tentu akan canggung.
Apa yang akan dilakukan terhadap mikrifon itu? Dipegang, diletakan di depan
mulut, ataukah dibiarkan terletak pada tiang penyangganya? Untuk itu, ssebelum
berpidato sungguhan! Lakukanlah itu di depan cermin agar kamu mengetahui
kekurangannya sehingga dapat segera memperbaikinya!
V.
Media dan Sumber Pembelajaran :
a.
Media : Media cetak buku teks.
b. Sumber Pembelajaran :
Abdul Somat, Adi dkk. 2008. Aktif dan Kreatif
Berbahasa Indonesia. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Darmati Uti, dkk. 2010.
Bahasa Indonesia. Klaten : PT Intan Pariwara.
Mafrukhi, dkk. 2008.
Kompeten Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
I.
Metode Pembelajaran : Diskusi, Ceramah, dan
Penugasan
VII.
Strategi Pembelajaran :
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Guru dan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1.
Pendahuluan
|
1.
Absensi Kehadiran
2.
Apersepsi
3. Pretes |
10
menit
|
2.
Kegiatan Inti
|
1.
Guru menjelaskan siswa menyimak.
2, Guru memberikan
umpan balik
terhadap siswa.
3. Siswa di harapkan mampu
mengapresiasi.
|
65
menit
|
3.
Penutup
|
1.
Postes
2.
Penugasan
|
5menit
|
VIII.
Evaluasi/Penilaian
a. Prosedur penilaian
1. selama kegiatan belajar mengajar
1.1. keaktifan siswa dalam
1.2.
sikap siswa dalam belajar
1.3.
pemahaman terhadap materi
2.
Tes Akhir ( postes )
a.
Latihan
b.
Penugasan
b. Jenis dan Bentuk Tes
1. Jenis Tes :
Tertulis / Lisan
2. Bentuk Tes :
1) Buatlah
teks pidato bertemakan pendidikan ?
2)
Tuliskan bagian- bagian dari pidato ?
3)
Jelaskan hal-hal yang harus dilatih sebelum
melaksanakan pidato ?
4)
Lakukanlah analisis terhadap teks pidato temanmu ?
Dosen Pengasuh
(Drs. Danto, M.Pd
)
|
|
Palembang, 1April 2013
Mahasiswa
( Shandy Eka Saputra )
NIM : 312011032
|
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SMA"
Posting Komentar