Bagi seorang fresh graduate yang
masih minim dengan pengalaman kerja, terkadang masih kurang percaya diri untuk
mengirim CV atau bahkan ada juga yang belum mengerti bagaiman cara membuat
surat lamaran kerja yang baik dan benar, karena mereka bingung harus memulai
dari mana. Bayangkan, seorang fresh graduete macam ini harus bersaing
dengan ribuan orang yang juga sedang mencari pekerjaan.
Berapa banyak fresh graduete yang
“lahir” setiap tahun, berapa banyak orang yang sedang mencari pekerjaan. Bahkan
sering kali kita juga bertemu dengan orang-orang yang menginginkan pekerjaan
yang juga kamu idam-idamkan. Ya, pekerjaan yang kamu impikan tidak hanya kamu
yang menginginkannya.
Tapi menyerah dan memilih untuk
menjadi seorang pengangguran bukanlah pilihan yang bagus, kita bisa memulai
dari belajar dan memaksimalkan kemampuan menulis CV dan surat lamaran kerja
yang baik dan benar atau bahkan yang bisa menarik perhatian para HRD agar kita
bisa dipanggil untuk wawancara kerja.
Berikut adalah tips membuat surat
lamaran kerja yang tidak hanya baik dan benar, tapi juga menarik.
1. Jangan Membuat Surat Lamaran Seadanya Saja
Di semua perusahaan, divisi
Personalia dan HRD (Human Resources Develpment) adalah divisi yang menangani
surat-surat lamaran pekerjaan yang masuk ke suatu perusahaan, dan tentunya mereka
akan membaca surat lamaran kerja dan CV kalian, karena pada umumnya surat
lamaran kerja berisi informasi singkat mengenai data diri kalian, perkerjaan
yang kalian inginkan, dan keahlian yang kalian miliki.
Lantas, apakah pihak perusahaan akan
langsung percaya dengan keahlian yang kalian tuliskan di surat lamakaran kerja?
Tentu pihak perusahaan akan sedikit
menguji kalian sesuai dengan keahlian yang kalian tulis di surat lamaran kerja
dan mereka akan mengetahui apakah keahlian yang kalian miliki cocok atau
tidaknya dengan jenis perkejaan yang mereka butuhkan.
Tulislah surat lamaran kerja sesuai
dengan data diri kalian dan tulis keahlian yang benar-benar kalian miliki
sebagai bahan pertimbangan diterima atau tidaknya kalian diperusahaan tersebut.
Dan tentunya kalian juga harus menkondisikan keahlian anda, pilihlah perusahaan
yang sedang mencari karyawan yang kualifikasinya sesuai dengan diri kalian.
BACA JUGA: Hiperkorek dan Pleonasme
BACA JUGA: Hiperkorek dan Pleonasme
2. Paragraf Pembuka dan Penutup
Perhatikan paragraf pembuka atau
paragraf pertama pada surat lamaran kerja kalian, jangan membuat paragraf
pembuka yang berbelit-belit, pastikan paragraf pembuka kalian bersifat menjual
dan meyakinkan bahwa kalian pantas diterima di perusahaan incaran kalian.
Pada paragraf penutuf atau paragraf
terakhir kalian harus tegas dan meminta pihak perusahaan menghubungi anda untuk
sesi wawancara kerja jika berkenan.
3. Format Penulisan Surat
Surat lamaran kerja termasuk surat
resmi, oleh karena itu kalian harus memperhatikan format penulisannya. Mulai
dari tanggal, perusahaan yang dituju, salam pembukan, paragraf pembuka, isi,
penutup, dan salam penutup. Sekali lagi, kalian harus benar-benar format
penulisannya, karena dari surat lamaran keja kalian perusahaan bisa melihat
keseriusan kalian dalam melamar pekerjaan dan bekerja jika nantinya kalian
diterima di perusahaan incaran kalian. Amiiiin.
Selain penulisan surat lamaran kerja
yang keche badai baik dan benar tentu kalian juag harus
mempersiapkan diri anda, apakah anda sudah benar-benar siap bekerja, jangan
sampai anda ogah-ogahan kerja saat sudah diterima di perusahaan yang dulunya
kalian incar.
Kembangkan keahlian kalian, cari passion
diri kalian karena semua bisa lebih menguatkan mental kalian dalam
menghadapi wawancara kerja.
Selamat melamar pekerjaan
0 Response to "SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK, BENAR, DAN MENARIK"
Posting Komentar